Home Berita Ekonomi Yen Jadi Indikator Ekonomi Terpenting di Dunia

Yen Jadi Indikator Ekonomi Terpenting di Dunia

330
0
SHARE

yenterkiniKetika para trader ingin mengetahui saham mana yang paling utama, mereka akan melihat dulu ke mata uang Jepang, yakni yen. Pelaku pasar di Wall Street mengatakan, yen menjadi indikator bagi pasar saham sekarang ini.

Jika nilai yen melemah, artinya pasar saham akan mengalami bullish. Hal ini disebut telah terbukti, termasuk di indeks S&P yang mencapai rekor tertinggi. Demikian dilansir dari CNBC, Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Nilai dolar saat ini diperdagangkan di 102 yen. Analis dari Nomura Jens Nordvig memperkirakan ada kemungkinan nilai dolar kian melemah ke 110 yen per USD pada kuartal kedua dan 114 per USD pada akhir tahun.

Sementara itu, Alan Ruskin dari Deutsche Bank memperkirakan nilai tukar dolar akan menjadi 115 yen per USD pada akhir 2014. Sedangkan analis dari Citigroup Steven Englander memprediksikan, nilai yen akan mencapai 107 yen per USD.

“Tetapi saya pikir risiko yang sangat terkonsentrasi saat ini akan berbalik, artinya, pelemahan yen akan berlanjut,” ujarnya.

Hubungan keduanya sangat bersentuhan, ketika yen melemah pasar saham AS cenderung meningkat. Dan ketika yen menguat, pasar saham berguguran. Kenapa?

Yen selalu menjadi barometer di pasar. Pengusaha menggunakan yen untuk meraih pinjaman murah (karena tingkatnya rendah) dan membeli instrument yang lebih berisiko, seperti mata uang Australia yang memiliki imbal hasil lebih tinggi dari dolar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here