Home Berita Forex Yellen : Perlu Kenaikan Suku Bunga Lebih Cepat untuk The Fed

Yellen : Perlu Kenaikan Suku Bunga Lebih Cepat untuk The Fed

218
0
SHARE

Ketua The Fed (Federal Reserve AS) Janet Yellen, memberikan keterangan seputar indikasi bahwa bank Sentral Amerika Serikat akan segera menaikkan suku bunga dalam kurun waktu yang lebih cepat. Yallen mengatakan, Pasar tenaga kerja sudah membukukan kenaikan di tahun ini. Meskipun masih dibawah target 2% inflasi sudah memperlihatkan tanda-tanda akan naik/terangkat.

“saya memperkirakan bahwa pertumbuhan akan mengalami laju secara moderet, cukup dalam membangkitkan penguatan yang lebih jauh lagi, dalam kondisi pasar tenaga kerja. Dan terlebih lagi akan mencapai target inflasi sebesar 2% yang dipasang komite, dalam jangka beberapa tahun kedepan.” Ungkap Janet Yellen dalam Pertemuan Kongres Komite Ekonomi Gabungan, Kamis malam (17/11/2016).

Yellen tidak menyebut dan menyinggung tanggal kenaikan suku bunga The Fed tersebut. Ia hanya menyatakan bahwa bank sentral AS tak perlu menunggu lama dalam mengambil keputusan, demi menjaga dampak resesi tetap dalam kendali. Jannet Yellen lebih memilih menggunakan kalimat, “relative cepat” dalam mengeluarkan pernyataan tentang timing kenaikan suku bunga.

“FOMC telah menunda-nunda kenaiakan suku bunga cukup lama, (Nantinya) bisa berunjung pada perketatan kebijakan keuangan yang realtf mendadak. (Hal itu) dilakukan demi menjaga perekonomian agar tetap dalam jalur yang sesuai tujuan dari ketetapan kebijakan komite. Lagian, mempertahankan level (rendah)Federal Fund Rate saat ini, dalam time yang lama memperbesar risk-taking dan itu membahayakan stabilitasi keungan (financial).” Ungkap Yellen yang jelas terdenger bernada Hawkish.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here