Home Berita Forex USD/JPY Bergerak Secara Flat, Pasca Rilis Data Penjualan Ritel Jepang

USD/JPY Bergerak Secara Flat, Pasca Rilis Data Penjualan Ritel Jepang

285
0
SHARE

Bulan Oktober dilaporkan bahwa penjualan ritel Jepang mangalami penurunan yang ke delapan. Namun demikian, penurunan tersebut lebih kecil dari harapan. Laporan datang dari kementerian Ekonomi, perdagangan dan Industri Negara Jepang, bahwa penjualan ritel mengalami penurunan 1.0% dalam jangka tahunan di bulan Oktober, Selasa (29/11/2016). Dan dimana satu bulan yang lalu, penurunan penjualan ritel tersebut mencapai 1.7%.  Perkiraannya tahun ke tahun, kemrosotan penjualan ritel Jepang pada bulan ini mencapai 1.5%.

Laporan lainnya dari kementerian Jepang hari ini adalah household spending (data belanja masyarakat) yang dirilis oleh Biro Stastistik Nasional Jepang. Laporan menunjukan penurunan 0.4 % dalam satu tahun hingga bulan oktober, lalu menyusul 2.1% di satu bulan sebelumnya, kemorosotan tersebut yang ke 8 bulan berruntun.

Sedang di bulan Oktober lalu tingkat pengganguran di Jepang masih pada tingkat angka 3%, tidak ada perubahan dari level yang sebelumnya. Terkait dengan itu, rasio ketersediaan lowongan pekerjaan yang didapat dari cara pembukaan lapangan pekerjaan perbulan di jepang dengan jumlah pelamar aktif mengalami kenaikan dari 1.38 % menjadi 1.4%. ini mengartikan ada 140 lowongan kerja yang tersedia diperuntukan 100 pelamar kerja.

Menyusul beberapa laporan tersebut, Yen sempat mengalami penguatan ke angka 111.90 terhadap USD. Namun pada saat berita ini ditulis, USD/JPY diperdagangkan pada level 111.99. bergerak flat dari sejak laporan data tersebut di umumkan. USD pekan ini sedang beristirahat dari reli panjang sejak kemanangan persiden Amerika Serikat Donald Trump, dan para investor juga menghindari asset yang beresiko menjelang pertemuan OPEC mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here