Home Analisa USD Menguat Terhadap Yen Menjalang Putusan FOMC

USD Menguat Terhadap Yen Menjalang Putusan FOMC

294
0
SHARE

Dollar Amerika menguat terhadap mata uang Yen Jepang pada hari ini Senin (12/Desember). Penguatan tersebut karena adanya ekspetasi The Fed (bank sentral AS) akan menaikan suku bunga pada pertengahan pekan ini, dan menguatnya dollar diperngaruhi oleh visi dari presiden Amerika Serikat yang baru Donal Trump untuk kebijakan ekonoi AS.

Saat berita ini ditulis USD/JPY telah menyentuh level tertinggi 10 bulan pada angka 115.75. angka tersebut adalah level tertinggi semenjak bulan Februari, hingga saat ini masih mengambang di level angka 115.70, USD telah menguat sebanyak 0.3% saat berita ini ditulis Pukul 14:22 WIB.

Pasar masih berfokus pada sejumlah agenda pertemuan FOMC (Federal Open Market Committee) pada Rabu (13/Desember) tengah malam nanti, dimana The Fed (Bank Sentral AS) ini akan diprediksi menaikan suku bunganya. Dollar sudah menguat sebanyak 3% semenjak agenda pemilu Amerika Serikat yang memenangkan Donald Trump menjadi Presiden AS dan di tengah ekspektasi dari belanja fiskal yang sangat besar oleh Donald Trump, serta beberapa kebijakan ekonomi pemerintah Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Trump yang lebih kuat dan menjadi lebih agresif.

Meurut analis Capital Economic, USD makin bertambah kuat terhadap mata uang Jepang, lebih lanjut lagi Yen diperkirakan akan melemah, hingga mencapai level 120 pada penghujung tahun nanti. Hal itu dikarenakan bank sentral AS berkemungkinan mengeluarkan kebijakan yang lebih ketat dari perkiraaan pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here