Home Berita Forex USD Menguat Pasca Rapat OPEC

USD Menguat Pasca Rapat OPEC

251
0
SHARE

Dollar Amerika Serikat menguat terhadap Yen Jepang hingga menyentul level tinggi 9 setengah bulan, pada hari kamis (01/12/2016) pag ini. Pasca hasil rapat OPEC telah menyetujui untuk memotong output minyak mereka pada dunia. Ekspektasi imbal dari hasil obligasi pemerintah AS pun kini merebak dan kenaikan inflasi.

 Steven Mnuchin yang kini ditunjuk sebagai menteri keuangan pemerintah Amerika Serikat oleh Donald  Trump dalam pidatonya kemarin, ia sama sekali tidak memberikan indikasi apapun perihal rencana untuk melonggarkan penguatan USD. Dan hal itu membuat para trader lebih terdorong untuk kembali memberli Dollar AS.

Indeks harga Dolar, yang mengukur kekuatan USD terhadap enam mata uang-mata uang utama dunia ini mengalami kenaikan pada level harga 102.05, yang menguatkan USD hingga level tinggi sejak bulan 3/2003 lalu.

Ketika harga minyak dunia meninggi hingga mencapai 9% pada hari akhir bulan November kemarin, Rabu  (30/11/2016) malam. Kenaikan yang disebabkan oleh kesepakatan anggota OPEC untuk memotong produksinya. Reduksi ini menjadi hal yang pertama kali dalam beberapa tahun lalu sejak 2008.

Lonjakan harga minyak dunia telah memicu ekspektasi terhadap kenaikan inflasi, dan menjadi pemicu kenaikan obligasi AS. Dampak negatif dari inflasi tersebut akan memberikan pengaruh pada obligasi. Dollar yang menguat telah melemahkan mata uang seperti Yen dan Euro.

USD/JPY sejak berita ini ditulis diperdagangkan pada harga 114.59 yen, yang melampui pencapaian minggu lalu pada titik angka 113.90. dan di sesi perdagangan Asia sebeumnya pencapaian pada level harga 114.83.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here