Home Analisa USD Kembali Merangkak dari Penurunan, Market Masih Tenang

USD Kembali Merangkak dari Penurunan, Market Masih Tenang

273
0
SHARE

Pada sesi peradagangan Asia hari ini, Selasa (27/12/2016) pagi tadi, mata uang dollar merangkak naik terhadap Yen Jepang. Sedang USD terhadap Euro, Greenback yang mengukur kekuatan dollar Amerika masih belum menggeser banyak mata uang tersebut dari perolehannya pada Minggu lalu. Market juga masih tenang-tenang dalam massa liburan hingga nanti akhir tahun.

EUR/USD flat pada level 1.0453, paska menambah jumlah perolehannya sebanyak 0.2% pada sesi perdagangan tadi malam. Dan untuk USD/JPY mengalami kenaikkan sebanyak 0.1% pada angka 117.230, setelah posisi pergerakan USD/JPY menggantung pada kisaran level 117.005-117.390 yang menghabiskan 2 hari pada akhir pekan kemarin dalam rangka tutupnya sebagian pasar karena libur Natal.

Yen Jepang bahkan hanya memperlihatkan sedikit respon terhadap laporan data inflasi Jepang. Data CPI Jepang telah dilaporkan merosot dalam basis tahunan selama 9 bulan berturut-turut sampai pada bulan November lalu.

USD sempat melonjak pada level tinggi 10 bulan pada harga 118.660 Yen pertengahan bulan Desember ini terkait bangkitnya spekulasi perihal kebijakan moneter Donald Trump yang dinilai dapat menggenjot Inflasi Amerika, tingkat suku bunga Bank Sentral AS pun juga ikut mengalami kenaikkan, dan menyesuaikan dengan jumlah inflasi yang terjadi tersebut.

“Kebijakan Donald Trump diasumsikan dalam keadaan kondusif untuk inflasi, dan terhadap penguatan mata uang. Akan tetapi, kenaikan USD secara signifikan akan berdampak juga pada kemunduran ekonomi AS, bahkan  juga mengakhiri masa Ekpansi,” tulis Ahli Strategi Makoto Noji, di SMBC Nikko Security, dilansir dari Reuters.

“oleh sebab itulah, beberapaa susunan kebijakan Donald Trump dan juga The Fed akan berkutat terhadap kebijkan keuangan yang lebih mewaspadai apresiasi dolar yang berlebihan. Kami memperkirakan downtrend akan lebih bertahap pada pair  Dollar Amerika terhadap Yen Jepang.” Tutup Makoto Noji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here