Home Analisa The Fed: Perekonomian Amerika masih upbeat

The Fed: Perekonomian Amerika masih upbeat

366
0
SHARE

Rabu waktu setempat, otoritas perbankan tertinggi Amerika atau lebih sering disebut sebagai the Fed mengatakan bahwa perekonomian AS tumbuh solid disertai kuatnya kenaikan pertumbuhan lapangan kerja menjadi sinyal bahwa bank sentral masih berada dijalurnya untuk memangkas suku bunga ditahun ini.

The Fed juga berulangkali menyebutkan akan bersikap sabar dalam menentukan kapan akan menaikkan suku bunga acuan yang saat ini berada dilevel nol, meski mereka juga mengakui beberapa kebijakan yang diambil untuk masalah inflasi tidak berjalan lancar.

Setelah melaksanakan rapat selama dua hari, para anggota sepakat mengatakan bahwa prospek ekonomi baik dan mereka berpandangan pelemahan inflasi yang dipicu oleh anjloknya harga energi akhirnya akan hilang.

Meski begitu salah seorang ekonom menyatakan bahwa estimasi dan prospek yang diluncurkan the Fed cenderung lemah dibanding sebelumnya.

THE FED : PERTIMBANGAN EKONOMI EROPA DAN ASIA

Dalam menentukan level suku bunga berikutnya, the Fed mengatakan perlu dipertimbangkan kondisi ekonomi di Eropa dan Asia. Meski begitu aktivitas ekonomi tumbuh solid ditandai dengan pertumbuhan yang masuk kategori moderat. Kondisi pasar ketenagakerjaan membaik dimana kenaikan lapangan kerja cukup kuat dan tingkat pengangguran rendah.

Banyak pejabat the Fed mengatakan suku bunga kemungkinan dinaikkan sekitar pertengahan tahun tapi pintu tetap terbuka jika ada perkembangan selanjutnya. Suku bunga juga bisa saja dinaikkan jika inflasi masih tetap saja diam dilevel terendah, karena pada akhirnya pertumbuhan ekonomi dan kenaikan lapangan kerja akan menyebabkan naiknya harga-harga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here