Home Berita Forex Takut Naikkan Tingkat Suku Bunga Telat, Janet Yellen Cemas

Takut Naikkan Tingkat Suku Bunga Telat, Janet Yellen Cemas

327
0
SHARE

Kondisi ekonomi pemerintah AS yang makin dekat dengan full Employment serta inflasi yang terus bergerak mencapai target 2% yang ditentukan oleh The Fed, maka masih masuk akal bila The Fed secara bertahap menaikkan tingak suku bunganya, jelas Janet Yellen selaku Ketua Federal Reserve dikutip dalam pidatonya dini hari tadi, Kamis (19/1/2017).

“Dapat memberikan resiko buruk, baik inflasi yang berlebihan, serta ketidakpastian financial, bahkan bisa juga keduanya bila terlalu lama menunda untuk bergerak menuju rate netral,” ungkap Janet Yellen, Ketua The Fed dihadapan pada hadirin di San Fransisco dalam Commnwealth club of Califonia. Yellen juga menambahkan, “jika terjadi seperti itu, kita nantinya bakal menaikkan secara terpaksa tingkat suku bunga dengan cepat, yang nantinya kan berimbas pada pendorongan ekonomi ke new resesi.”

Federal Reserve menaikkan tingkat suku bunga jangka pendeknya pada bulan lalu, hal itu merupakan kenaikkan ke 2 kalinya semenjak terjadinya krisis financial 2007 hingga 2009. Ketika itu, Federal Reserve AS terpakas memotong tingkat suku bungannya hingga mencapai 0% dan Quantitative Easing serta membeli Obligasi pemerintah secara besar.

Kenaikkan tingkat suku bunga Bank Sentral AS pada akhir tahun 2016 lalu, adalah relfleksi dari kepercayaan The Fed terhadap kebangkitan Ekonomi Amerika Serikat, imbuh Janet Yellen.

Meski begitu, Ia mengingatkan bila  kemajuan tersebut bisa saja berubah melihat pada kondisi outlook perkembangan ekonomi.

“ekonomi sebenarnya bersifat luas, dan juga lebih kompleks, pada realitanya yang terjadi juga bisa mengejutkan bahkan tidak terduga.” Jelas yellen.

Sedang permasalah mengenai pelantikan presiden Terpiih Donald Trump, Janet Yellen enggan memberikan komentar secara lebih, Ia hanya mengatakann akan mengamati secara detail tentang kebijakan-kebijakan baru dengan mendiskusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here