Home Bisnis & Politik SEC Mengabaikan Kasus Terhadap Mantan Pedagang JP Morgan Karena Tidak Cukup Bukti

SEC Mengabaikan Kasus Terhadap Mantan Pedagang JP Morgan Karena Tidak Cukup Bukti

113
0
SHARE

Otoritas Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS) The US Securities and Exchange Commission (SEC) telah menjatuhkan kasusnya terhadap dua mantan pedagang JPMorgan. Dalam kasus tersebut menuduh mereka berkonspirasi dengan eksekutif lain untuk menyembunyikan skandal perdagangan yang merugikan $ 6,2 miliar.

Keputusan untuk menolak tuntutan sipil terhadap Javier Martin-Artajo dan Julien Grout telah melalui proses penyelidikan selama lima tahun oleh Departemen Kehakiman AS, yang bulan lalu telah meninggalkan tuntutan pidana terhadap kedua orang tersebut.

Pihak berwenang sudah memutuskan untuk tidak mengajukan tuntunan setelah memutuskan jika mereka tidak bisa lagi mengandalkan kesaksian saksi mantan pedagang JPMorgan, Bruno Iksil, yang dijuluki ‘Paus London’.

Pada bulan April dan Mei 2012, kerugian perdagangan besar terjadi di unit CIO bank. Berdasarkan transaksi yang dipesan melalui cabang kota, Iksil berperan dalam posisi beli untuk sebuah trading besar di JPMorgan sehingga membuatnya mendapatkan julukan hedge fund dan investor.

Iksil dan kedua atasannya telah dipecat setelah CIO menderita kerugian menyusul taruhan mereka atas derivatif kredit korporasi. Para eksekutif juga bingung termasuk CEO Jamie Dimon dan Chief Investment Officer Ina Drew, yang sejak itu mengundurkan diri. Pemberi pinjaman telah membayar lebih dari $ 1 miliar di Settlement untuk kasus ini kepada regulator AS dan Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here