Home Berita Forex Salah Satu Petinggi ECB : Referendum Italia Belum Sebanding Brexit Inggris

Salah Satu Petinggi ECB : Referendum Italia Belum Sebanding Brexit Inggris

283
0
SHARE

Salah satu petinggi ECB (bank Sentral Eropa) mengatakan bahwa keputusan dari rakyat Italia dalam menolak reformasi konstitusional masih belum sebanding dengan keputusan Brexit Inggris dalam meninggalkan Uni Eropa. Hal itu dilontarkan oleh Francois Villeroy de Galhau, hari ini Senin (05/12/2016) kepada Reuters.

Para pencetus kebijakan harus bisa mengamati dengan sangat cermat akan konsekuensi dari keputusan Italia Senin ini, imbuh Francois Villeroy saat melakukan seminar di Jepang. Gubernur Bank Sentral Prancis ini memperingatkan untuk Negara Inggris agar tidak bersikap “seenaknya saja” ketika menentukan akses pasar saat negosiasi perpisahannya dengan Uni Eropa.

Matteo Renzi selaku PM Italia sudah berjanji untuk meninggalkan jabatannya setelah dirinya kalah dengan menyakitkan dari referendum konstitusional kemari, hari Minggu (04/12/2016). Hal itu membuat salah satu dari Negara ekonomi ketiga terbesar se-Uni Eropa menjadi tidak ada kepastian politik. EURO akhirnya terjatuh ke level rendah 2 tahun setelahnya.

“referendum hari Minggu negera itu (Italia) adalah sumber lainnya yang memulai ketidakpastian politik, namun referendum itu tidak bisa dengan mudah dibandingkan referendum Inggris. Masyarakat Itali juga sudah diperingatkan bahwa referendum dilaksanakan murni karena permasalahan intern konstitusioanal itali, dan juga tidak ada kaitannya dengan permasalahan kenggotaan nagara tersebut dalam Uni Eropa,” jelas Villeroy.

Menurut Valleroy bahwa perekonomian zona Euro tidak berguncang akibat Referendum Italia, namun pendapatnya ada kemajuan pada regulasi perbankan, serta peningkatan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan juga pengetatan pada pasar tenaga kerja.

Pada 8 Desember mendatang, ECB akan segera mengadakan pertemuan rutin. Dalam pertemuan nanti, ECB juga akan membahas persoalan perpanjangan terhadap progam pembelian Obligasi dan akan direncanakan berakhir bulan Maret 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here