Home Breaking News Rupiah Rabu pagi stabil di posisi Rp11.990

Rupiah Rabu pagi stabil di posisi Rp11.990

523
0
SHARE

rupiahhariiniNilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi bergerak stabil di posisi Rp11.990 per dolar AS masih merespon sentimen positif data ekonomi domestik.

“Laju rupiah berpotensi kembali menguat setelah pelaku pasar masih merespon banyaknya sentimen positif di antaranya pemberitaan optimisme kenaikan cadangan devisa di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia yang mengalami kenaikan,” kata Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada di Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan, posisi per akhir Desember 2013 cadangan devisa Indonesia sebesar 99,4 miliar dolar AS, meningkat 2,4 miliar dolar AS dibandingkan posisi akhir November 2013 sebesar 97 miliar dolar AS.

Ia menambahkan potensi penguatan mata uang rupiah dapat ditopang dari melemahnya data penambahan tenaga kerja AS sehingga pasar mengekspektasikan bahwa pelaksanaan pengurangan stimulus keuangan bank sentral AS (the Fed) tidak akan agresif.

Analis Pasar Uang Bank Mandiri, Ruly Arya Wisnubroto mengatakan bahwa Bank Indonesia yang optimistis bahwa cadangan devisa akan menembus 100 miliar dolar AS menambah kepercayaan investor terhadap ekonomi domestik.

Dari eksternal, lanjut dia, data penambahan tenaga kerja AS yang tidak sesuai dengan ekspektasi akan membuat pelaksanaan pengurangan stimulus keuangan the Fed tidak akan agresif.

Menurut Ruly, sentimen dari eksternal maupun dalam negeri masih tarik-menarik, diharapkan sentimen positif bagi mata uang uang domestik lebih dominan.

“Pada pekan ini, rupiah diperkirakan bergerak di kisaran Rp11.723–Rp12.132 per dolar AS,” kat dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here