Home Berita Ekonomi Rupiah menguat dibawah Rp 13.000

Rupiah menguat dibawah Rp 13.000

303
0
SHARE

Harga Rupiah hari IniRupiah pada awal perdagangan hari Kamis 19 Maret mencatatkan penguatan sehingga berhasil masuk kembali ke area Rp 12.990 per dolarnya, jika dibandingkan pada penutupan Rabu yang berada pada posisi Rp 13.178. Menurut data dari kantor berita Bloomberg, Rupiah menguat drastis hingga posisi Rp 12.990 per dolarnya. Prediksi dan pendapat menurut para ahli kali ini Rupiah ditengarai akan kembali naik dikarenakan pelemahan dollar AS sendiri. The Fed sendiri rupanya melakukan pemangkasan terhadap proyeksi suku bunga yang menyebabkan adanya kemungkinan suku bunga mengalami kenaikan.

Kenaikan Suku bunga yang bisa agresif jatuh ini juga dikarenakan jatuhnya indeks dollar AS dan juga adanya imbal hasil US Treasury yang berlangsung sejak Kamis pagi. Selain itu juga terdapat kenaikan di berbagai mata uang lainnya seperti Euro dan Yen yang juga bisa mendapatkan penguatan terhadap dollar AS.

Beberapa mata uang Asia memang masih terus melemah terhadap Dollar namun, Rupiah masih bisa menunjukkan keperkasaannya, dikarenakan juga adanya intervensi dari pihak Bank Indonesia yang terus menerus aktif tidak lama berselang tepatnya saat pernyataan bulanan rapat dewan gubernur dipublikasikan. Menurut pejabat Bank Indonesia lainnya mengungkapkan bahwa Rupiah saat ini terus menerus mengalami pelemahan dibandingkan nilai fundamentalnya sehingga diperkirakan penguatan Rupiah masih akan terus terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here