Home Bisnis & Politik PT NSP : BBM Naik, BI siapkan Kenaikan Suku Bunga

PT NSP : BBM Naik, BI siapkan Kenaikan Suku Bunga

504
1
SHARE

Fenomena kenaikan BBM sudah mulai berefek pada garis ekonomi, efek kenaikan menular tak hanya tarif angkutan umum dan harga bahan pokok, kenaikan ini juga berhasil memancing kenaikan bunga bank.

PT NASIONAL SAGU PRIMA : KENAIKAN BBM TERHADAP SAGU

Kenaikan harga BBM sejatinya tidak membuat harga sagu di beberapa daerah mengalami kenaikan. Perusahaan agrobisnis Indonesia PT. Nasional Sagu Prima yang dipimpin langsung oleh Eris Ariaman Direktur Utama PT NSP sendiri mampu meningkatkan kapasitas produksi dari 60 ton per hari menjadi 100 ton perhari. . Kenaikan BBM sejatinya tidak mempengaruhi terlalu banyak kegiatan produksi perusahaan yang dikepalai Eris Ariaman itu. Perusahaan itu mampu menghasilkan lebih dari ratusan ton per harinya meskipun harga BBM naik.

Saat ini BI sudah menaikan bunga acuan (BI rate) sebesar 25 bps sehingga BI rate sekarang sudah menjadi 7.75 persen, peningkatan ini merupakan upaya BI merespon kenaikan harga BBM sebesar Rp.2.000/liter. Saat ini BI rate sudah berada pada level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir ini.

Kenaikan BI rate ini bertujuan mengendalikan inflasi yang sudah mulai nampak mengancam. Harga bahan pokok perlahan merangkak naik mengikuti kenaikan bahan bakar minyak tersebut. BI memperkirakan bahwa kenaikan BBM ini akan menyebabkan penambahan inflasi sebesar 2.6 persen sehingga inflasi pada tahun ini di sudah mencapai 7.7 persen.

KENAIKAN BBM TIDAK TERLALU BERPENGARUH PADA PERUSAHAAN ERIS ARIAMAN

Imbas kenaikan harga BBM yang juga turut menaikkan BI rate, juga tidak membuat kinerja perusahaan PT Nasional Sagu Prima menurun dalam memproduksi hasil olahan tepung sagu terbaik. Dalam setahun terakhir saja hingga kini, tanpa kenaikan BBM yang terjadi, kenaikan demi kenaikan hasil produksi dialami oleh perusahaan yang diketahui dipimpin seorang pebisnis Eris Ariaman Direktur Utama PT NSP dari hari ke hari, . Dalam hal ini, tingkat produktifitas yang dikerjakan oleh para staf PT.NSP dan dipimpin Eris Ariaman itu semakin baik..

Event PT. NSP
PT. Nasional Sagu Prima kala Launching Program

Kenaikan tidak hanya terjadi pada BI rate, tetapi juga terjadi pada bunga lending facility sebesar 50 bps menjadi 8,00 persen, tetapi tetap mempertahankan bunga deposit facility sebesar 5,75 persen. Ini semua bertujuan agar bank lebih memilih mencari dana di pasar uang ketimbang meminjam dana dari BI. Kemungkinan besar tren bunga tinggi di masa yang akan datang akan terus menanjak. puncaknya saat bank sentral amerika serikat (The Fed) menaikan rate tahun depan sebesar 1.5% pada media 2015.

BI rate akan di koresi pada saat hasil kerja pemerintahan Joko Widodo–Jusuf Kalla menunjukkan hasil pada tahun depan, BI tak perlu kembali menaikkan BI rate demi menangkal aksi The Fed. “Perbaikan itu akan menggiring arus investasi asing dan mungkin saja rating Indonesia naik lagi. Tetapi Sebaliknya, jika kinerja pemerintah tak sesuai harapan, BI akan tidak berdaya dan akan mengekor kenaikan bunga The Fed sampai 150 bps. Mudah-mudahan skenario terburut tidak terjadi .

Karena BI rate akan sangat berpengaruh pada bunga kredit, semakin tinggi BI rate, semakin besar bunga kredit yang diberikan, tetapi saat ini para bankir belum brani berspekulasi untuk peluang menaikan bunga kredit. Para bank akan berhati-hati dalam menaikan bunga kredit, krena bisa berefek pada meningkatnya kredit yang bermasalah, dan aksi tarik-menarik bunga kredit bisa dihindari.

Pengalihan dana BBM ini diharapkan mampu dialihkan ke kegiatan produktif sehingga bank tidak perlu berspekulasi menaikan bunga kredit.

PT. NASIONAL SAGU PRIMA 

Nasional Sagu Prima dengan kepemimpinan Eris Ariaman Direktur Utama PT NSP ingin dapat memajukan kualitas tingkat investasi di Indonesia. Karena perusahaan PT.NSP Eris Ariaman yang juga bergerak dalam bidang agrobisnis Indonesia telah mampu menghasilkan produk produk terbaik dan mampu menembus pasar internasional lewat karya terbaiknya yaitu Tepung Sagu Premium Quality dan Export Quality yang sama sama memiliki ciri khas dan kualitas tersendiri dalam pengolahan berikutnya menjadi bahan makanan atau komoditi lainnya

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here