Home Investasi Perikanan Budidaya sudah Semakin Diminati

Perikanan Budidaya sudah Semakin Diminati

193
0
SHARE

Potensi perikanan budidaya yang semakin tinggi membuat industri ini semakin banyak diminati. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) produksi perikanan budidaya dalam negeri mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, hal tersebut sejalan dengan semakin banyaknya program yang dijalankan pemerintah untuk menggenjot sektor ikan budidaya.

Progam yang dijalankan seperti pengembangan budidaya lele dengan sistem bioflok, penyebaran benih dan revitalisasi keramba jaring apung (KJA), ikut mendongkrak produksi ikan budidaya disepanjang tahun ini.

Sleain itu, harga ikan yang baik membuat pelaku budidaya ikan semakin getol melakukan budidaya. Harga ikan hidup yang sebelumnya berada dikisaran Rp 80.000 perkg saat ini sudah berada dikisaran harga Rp 110.000 hingga Rp 120.000 per kg.

Bukan hanya ikan hidup, ikan lele juga terpantau mengalami kenaikan harga. Harga ikan lele sebelumnya Rp 12.000 perkg, saat ini harga ikan lele mencapai Rp 17.000 perkg. Ikan patin hasil budidaya juga terpantau mengalami kenaikan. Adanya larangan impor komoditas patin membuat budidaya patin semakin meningkat.

Total produksi ikan budidaya Indonesia hingga pertengahan tahun 2017 mencapai 8,70 juta ton. Angka tersebut naik sedikit dari periode yang sama tahun 2016. Pada Januari-Juni 2016 produksi perikanan budidaya sebesar 8,17 juta ton.

Kenaikan produksi ini masih akan terjadi hingga akhir tahun. Dan diharapkan terus mengalami kenaikan ditahun mendatang. KKP menargetkan produksi perikanan budidaya tahun 2017 sebesar 21,9 juta ton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here