Home Berita Ekonomi Pemilu AS Akan Pengaruhi Perdagangan Di Indonesia

Pemilu AS Akan Pengaruhi Perdagangan Di Indonesia

867
0
SHARE

Hasil dari pilpres (pemilihan presiden) Amerika Serikat yang akan digelar November 2016 dianggap akan mempunyai dampak terhadap perdagangan di Indonesia. Akan tetapi, dampak tersebut yang akan dialami oleh Indonesia jauh lebih kecil daripada negara-negara lain yang memiliki volume perdagangan bersama Amerika Serikat jauh lebih besar seperti contohnya Malaysia serta Vietnam.

Wellian Wiranto seorang Ekonom OCBC Singapura berkata jika sekarang ini pasar global sedang melakukan tindakan antisipasi seandainya salah satu calon yakni Donald Trump terpilih untuk menjadi presiden dari Amerika Serikat. Karena, terpilihnya Donald Trump diperkirakan akan mempunyai pengaruh terhadap perdagangan Amerika Serika bersama dengan negara-negara yang lain.

“Pengaruh pemilihan umum Amerika Serikat, terdapat ketakutan terhadap Trump, meskipun pada survei, Hillary masih sedikit unggul 6% dibandingkan Trump. Tetapi, mau ataupun tidak, Trump serta Hillary banyaknya sama. Jadi masih ada peluang Trump terpilih, serta pasar tengah khawatir terhadap potensi kepresidenan Donald Trump.”ungkapnya.

Wellian mengatakan jika perdagangan Indonesia serta beberapa negara yang lain pada Amerika Serikat akan sangat terpengaruh sebab sebelumnya, Donald Trump mengungkapkan akan segera meningkatkan tarif bea masuk barang impor, terutama barang impor dari Cina (Tiongkok). Seandainya hal tersebut terwujudkan, maka juga akan mempunyai pengaruh terhadap Indonesia.

“Dampak pada Asia terkait trade, tarif impor akan dia naikan sebesar 30% hingga 40%, dibandingkan dengan negara yang lain seperti Malaysia atau Vietnam.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here