Home Berita Forex Pasca Insiden Mematikan Jerman dan Turki, EUR/CHF Downside

Pasca Insiden Mematikan Jerman dan Turki, EUR/CHF Downside

375
0
SHARE

Mata uang safe haven Franc Swiss terlihat menguat melawan Euro, Selasa (20/12/2016), penguatan terjadi setelah adanya dua peristiwa terpisah yang terjadi di Jerman dan Turki. Dikutip dari Reuters, insiden mencekam itu memberikan dampak kecemasan di Barat meski kekhawatiran tersebut tidak begitu berpengaruh pada pair nilai mata uang mayor dunia. EUR/CHF menurun dengan SWissy yang mengalami pelonjakan pada level tinggi 6 bulan. Saat berita ini ditulis, EUR/CHF diperdagangkan pada harga 1.068, yang sebelumnya hanya di harga 1.0712.

Peristiwa penembakan duta besar Rusia yang berada di Negara Turki membuat para investor heboh, duta besar Rusia untuk Turki tersebut ditembak oleh seorang petugas polisi yang sedang non aktif tugas. Dilansir dari Reuters, diplomat Rusia tersebut ditembak saat sedang menyampaikan sebuah pidato di galeri seni Ankara.

Dan sehubung dengan peristiwa Turki tersebut membuat kekhawatiran pelaku pasar makin besar setelah adanya tambahan berita dari Negara lain di Jerman, Eropa yang menyebutkan adanya sebuah truk menabrak kerumunan warga di Ibukota Jerman, Berlin. Dalam peristiwa di Berlin tersebut telah menewaskan 12 orang dan lainnya luka-luka. Ketakutan dan kecemesan pasar muncul mengingat insiden serupa pernah terjadi di Nice, Prancis pada bulan Juli lalu, yang telah merenggut 86 nyawa warga sipil.

Pasar yang sedang tenang menjelang libur panjang ini tidak terpengaruh secara signifikan oleh peristwa tersebut. USD/JPY kembali mengalami penguatan pasca rilisnya kebijakan moneter Jepang yang tidak mengalami perubahan. Sedangka itu USD/CHF terlihat merangkak naik pada harga 1.2079.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here