Home Perbankan OJK Resmi Keluarkan Aturan Sistem Informasi Ketentuan Perbankan Online (Sikepo)

OJK Resmi Keluarkan Aturan Sistem Informasi Ketentuan Perbankan Online (Sikepo)

681
0
SHARE
informasi perbankan online

Otoritas jasa Keuangan (OJK) pada akhir 2016 resmi menerbitkan Sistem Informasi Ketentuan Perbankan Online (Sikepo). Sistem ini dibuat untuk memudahkan pencarian tentang aturan Perbankan secara Online dikalangan masyarakat dan juga Stakeholder. OJK Mengklaim jika Sikepo sangat bermanfaat untuk memudahkan pengguna dalam mencari pengaturan atas suatu topik secara komprhensif, akan membantu pengguna dalam mengetahui rekam jejak atas suatu ketentuan. Selain itu bisa juga menjadi wadah untuk pengguna dalam mencari ketentuan Industri Perbankan dengan mudah.

Pihak OJK menyebutkan bahwa hingga sampai saat ini masih belum ada sarana yang bisa mencangkup seluruh ketentuan perbankan secara lengkap dan juga komprehensif. Dengan diterbitkanya Sikepo, ketentuan perbankan di berikan secara sistematis dan berdasarkan topik atau klasifikasi tertentu sehingga akan mempermudah masyrakat untuk mencarinya menggunakan sistem ini. Peluncuran ini juga menjadi jawaban untuk kalangan masyarakat yang memang mengharapkan adanya sistem seperti ini sehingga akan mempermudah untuk melihat, dan mencari tahu informasi dari segala ketentuan dari perbankan.

Ketentuan yang ada di Sikepo meliputi ketentuan perbankan, baik Bank Umum Konvesional maupun Syariah, serta Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Konvensional maupun Syariah. Di awal pengembangan,Sikepo memberikan informasi ketentuan Bank Konvensional yang bersifat eksternal, yang meliputi Peraturan OJK, Surat Edaran hingga peraturan Bank Indonesia. Namun ada juga yang bersifat Internal yang meliputi, Surat Edaran Dewan Komisioner dan juga surat edaran dari Bank Indonesia yang bersifat Internal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here