Home Berita Ekonomi Nilai Rupiah kembali Menguat

Nilai Rupiah kembali Menguat

578
0
SHARE

rupiahPenguatan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang Dollar AS kembali berlanjut, kali ini pada awal perdagangan hari Senin tanggal 23 Maret 2015, Rupiah terus berada posisi zona hijau. Menurut data dari kantor berita Bloomberg sendiri sampai jam 10 pagi ini, tercatat mata uang Indonesia Rupiah berhasil mengalami penguatan pada posisi Rp 13.065 yang jika dibandingkan pada penutupan kemarin berada pada posisi Rp 13.124 per dolarnya. Kemungkinan penguatan Rupiah masih terus terjadi dikarenakan penguatan Rupiah ini masih terjadi karena masih adanya tekanan yang dihadapi oleh mata uang Amerika Serikat yaitu US Dollar.

Efek tekanan pada mata uang Dollar

Dampak tekanan yang dialami Dollar AS ini adalah dikarenakan dollar mengalami fase naik turun setelah adanya pengumuman pada FOMC Meeting kemarin, dan juga adanya penguatan yang dialami oleh mata uang Euro pada fase penutupan hari Sabtu kemarin tanggal 21 Maret 2015 yang terjadi pada Minggu dini hari tepatnya. Penguatan Euro ini juga dilatar belakangi oleh adanya inflasi dari produsen Jerman yang mengalami kenaikan dan juga adanya negosiasi Yunani dan Jerman sehingga terciptanya optimisme pada Zona Euro. Pada malam ini pasar menunggu data akan penjualan rumah di Amerika Serikat yang masih diprediksi mengalami kenaikan dan juga informasi seputar indeks keyakinan konsumen Zona Euro.

Namun dari data data yang ditunggu oleh pasar adalah data seputar informasi angka inflasi Amerika Serikat dan juga angka Manufaktur China. Penguatan Rupiah ini berlangsung setelah pada hari Kamis minggu kemarin, Rupiah justru tampak melemah terhadap Dollar AS yang akhirnya bisa kembali menguat lagi dibandingkan dengan mata uang Asia lainnya yang mayoritas terus mengalami pelemahan terhadap Dollar AS. Rupiah yang terus mengalami pelemahan pada minggu kemarin tercatat bersamaan dengan adanya imbal hasil SUN 10 tahun yang mengalami kenaikan juga dengan kenaikan sebesar 8 basis poin. Rupiah dapat terus terbantu mengalami penguatan karena saat ini posisi dollar AS masih mengalami kemerosotan yang cukup tajam yang terjadi sejak hari Jumat malam pekan kemarin, sehingga Rupiah masih terus terapresiasi dan terus melanjutkan penguatan hingga hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here