Home Saham Kinerja ETF Mulai Ungguli Reksadana Saham

Kinerja ETF Mulai Ungguli Reksadana Saham

174
0
SHARE

Kinerja Reksadana exchange traded fund (ETF) kini sudah semakin terlihat membaik. Hal ini bisa terlihat dari imbal hasil yang stabil yang setara ataupun diatas indeks acuan jika dibandingkan dengan reksadana konvensional seperti reksadana saham. hal ini menjadi bukti jika investor sudah mulai minat terhadap ETF.

Kita bisa melihat kinerja reksadana saham per September 2017. Dari total 207 reksadana yang terdaftar hanya 20 reksadana atau 9.66% dari reksadana yang bisa memberikan imbal hasil setara dan diatas indeks acuan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Sementara itu 90.34% reksadana saham tidak bisa memberikan imbal hasil yang setara atau melebihi IHSG. Hal tersebut juga terjadi pada kinerja diperiode yang sama tahun sebelumnya.

Sudah hampir tiga tahun terakhir rata rata indeks reksadana saham kalah dari IHSG. Jika dulu indeks reksadana saham rata-rata berada diatas IHSG, namun kini reksadana saham kinerja dibawah IHSG sehingga membuat ETF menjadi menarik dimata investor.

Saat ini sudah ada beberapa yang menawarkan reksadana ETF. Hal tersebut menjadi bukti jika reksadana ETF merupakan alternatif yang menguntungkan. Reksadana ETF juga lebih unggul karena didukung cara pengelolaan investasi yang mengikuti indeks tertentu seperti LQ45, IDX 30 atau pun Sri Kehati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here