Home Berita Forex Ketua FED : No Problem Serius Dalam Ekonomi Jangka Pendek AS

Ketua FED : No Problem Serius Dalam Ekonomi Jangka Pendek AS

296
0
SHARE

Janet Yellen selaku Ketua The Fed mengungkapkan bahwa perekonomian Pemerintah Amerika Serikat tidak sedang berhadapan dengan masalah serius dalam jangka waktu dekat ini. Namun demikian, Yellen tidak memungkiri  bila saat ini PR The Fed adalah tantangan produktifivas jangka panjang yang masih rendah, sekaligus ketidakseimbangan pertumbuhan masih terjadi.

“Tingkat jumlah penganggutan saat ini sudah menyentuh level rendah baru. Pasar ketenagakerjaan sampai saat ini secara umum cukup kuat dan pertumbuhan jumlah gaji para pekerja memperlihatkan kenaikkan,” jelas Yellen, saat ditemui dalam rapat dengan akademisi dan para pendidik hari ini, Jumat (13/1/2017) pagi tadi. Ia juga menambahkan, “Inflasi telah melaju naik dari perolehan level rendahnya, namun masih tetap dibawah ekspektasi 2%, tapi itu sudah cukup dekat.”

Dalam rapat dengan pendidik dan akademis, Yallen lebih menyoroti hubungan antara Sektor pendidikan dan Ketenagakerjaan. Ia menuturkan bahwa Poduktivitas sebenarnya adalah penentuk jangka panjang dari taraf hidup masyarakat. Akan tetapi tidak tahu mengapa secara historis masih dalam taraf rendah. Para analis dan ekonom juga masih terus berjuang mencari penyebabnya. Menurut Yellen, Pendapatan yang besar dan pendidikan yang tinggi ikut menjadi penyebab ketidakmerataan peningkatan pertumbuhan di Amerika.

Kesimpulan dari pidato Yellen tersebut adalah, Ia masih optimis bahwa pertumbuhan pasar ketenagakerjaan, gaji, dan juga inflasi lebih baik lagi. Ketua bank Sentral tersebut tidak memberikan komentar perihal kebijakan keuangan maupun pemerintahan Amerika Serikat yang baru. Indeks Dolar bereaksi sedang dan condong rendah paska pernyataan Janet Yellen tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here