Home Perbankan Kesempatan Penurunan Suku Bunga Kredit Masih Ada

Kesempatan Penurunan Suku Bunga Kredit Masih Ada

351
0
SHARE

Saat ini Industri Perbankan nasional masih mempunyai kesempatan untuk menurunkan suku bunga kredit. Hal ini didukung oleh industri perbankan yang masih belum seutuhnya menyesuaikan penurunan suku bunga yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI). Sehingga hal ini masih memiliki celah untuk bisa menurunkan suku bunga kredit pada tahun ini.

Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo menjelaskan bahwa, BI sudah menurunkan bunga sebanyak 150 Basis poin di tahun 2016, namun, untuk penurunan suku bunga kredit baru turun 93 basis poin. Seharusnya penurunan Policy Rate totalnya 150 basis poin dari 2016. Dan saat ini total penurunan suku bunga kredit baru sebesar 93 basis poin hingga Maret 2017. Sehingga peluang untuk penurunan suku bunga kredit masih tersedia. “ucapnya”

Namun Pihak BI masih mempertimbangkan hal tersebut karena penurunan suku bunga kredit tergantung keputusan Bank dalam menurunkan standar penyaluran kreditnya. Pihak BI masih menunggu sejauh mana Perbankan melakukan konsolidasi dan Bank mengurangi risiko kreditnya.

Menurut Pantauan BI, kini Perbankan masih melakukan konsolidasi dan Korporasi juga masih melakukan efisiensi keuangan. Hal ini akan berdampak terhadap perbaikan kemampuan pembayaran utang ke bank akan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here