Home Berita Forex Inflasi AS sedikit lebih tinggi pada April

Inflasi AS sedikit lebih tinggi pada April

468
0
SHARE

inflasi-asHarga konsumen AS naik tipis pada bulan April dipicu oleh meningkatnya biaya untuk bensin, tempat tinggal dan makanan, menurut data Departemen Perdagangan yang dirilis Kamis.

Indeks harga konsumen naik 0,3 persen pada April, sedikit lebih besar kenaikannya dibanding Maret yang tercatat 0,2 persen. Kenaikan CPI pada April sebesar dua persen dibanding April tahun lalu, peningkatan terbesar selama 12 bulan sejak Juli.

Harga energi naik 0,3 persen untuk bulan ke tiga berturut-turut, harga bensin melonjak 2,3 persen setelah terjadi penurunan tiga bulan sebelumnya. Harga makanan naik 0,4 persen untuk bulan ketiga berturut-turut .

Tidak termasuk gejolak harga pangan dan energi, CPI inti naik 0,2 persen, sama dengan kenaikan pada Maret dan naik 1,8 persen dari April 2013.

Data CPI April mencerminkan sedikit terjadi kenaikan harga meskipun inflasi tetap terjaga hampir lima tahun setelah perekonomian pulih perlahan-lahan keluar dari resesi yang parah .

Besaran inflasi yang disiapkan Federal Reserve menunjukkan harga konsumen tahunan meningkat sebesar 1,1 persen pada Maret, jauh di bawah 2,0 persen yang ditargetkan, demikian AFP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here