Home Berita Ekonomi IMF pangkas proyeksi pertumbuhan AS jadi dua persen

IMF pangkas proyeksi pertumbuhan AS jadi dua persen

366
0
SHARE

IMF-070913Dana Moneter Internasional pada Senin memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi AS untuk tahun ini dari sebelumnya 2,8 persen menjadi 2,0 persen karena melemahnya kinerja kuartal pertama, tetapi mempertahankan proyeksinya untuk 2015 tidak berubah pada 3,0 persen.

“Pada bagian awal tahun ini, karena musim dingin yang keras berkonspirasi dengan faktor-faktor lain, momentum dalam ekonomi AS memudar,” kata IMF dalam laporan penilaian tahunan ekonomi AS yang dirilis pada Senin.
Memperhatikan “rebound” baru-baru ini dalam kegiatan ekonomi di Amerika Serikat, IMF mengatakan bahwa dinamika terbaru ini “hanya menyediakan sebagian penyeimbang terhadap pelemahan kuartal pertama sehingga pertumbuhan sekarang diproyeksikan sebesar 2,0 persen untuk 2014, naik menjadi 3,0 persen pada 2015.”

Pada April, IMF memperkirakan ekonomi AS akan meningkat 2,8 persen tahun ini dan 3,0 persen tahun depan mengingat situasi kenaikan di negara maju itu.

Namun, musim dingin brutal serius mempengaruhi perdagangan dan investasi swasta di negara itu pada kuartal pertama, yang menyebabkan ekonomi AS mengalami kontraksi pertama sejak kuartal pertama 2011 dan menyusut pada tingkat tahunan 1,0 persen, menurut data terbaru dari Departemen Perdagangan.

IMF mengatakan pertumbuhan pekerjaan AS tetap sehat tetapi pasar tenaga kerja lebih lemah daripada yang tersirat oleh tingkat pengangguran, yaitu 6,3 persen pada Mei, tingkat terendah dalam lima tahun.

“Pengangguran jangka panjang tinggi, partisipasi angkatan kerja jauh di bawah apa yang dapat dijelaskan oleh faktor-faktor demografi dan upah stagnan,” kata laporan itu.

IMF mengatakan pemerintah AS harus memberikan dukungan kebijakan lanjutan untuk menghadapi ketidakpastian dalam perekonomian.

“Idealnya, langkah-langkah harus diambil untuk menyetujui dan melaksanakan rencana konsolidasi fiskal jangka menengah yang kredibel sehingga memberikan fleksibilitas untuk dukungan fiskal lebih jangka pendek terhadap perekonomian,” kata laporan itu.

IMF juga meminta pemerintah AS untuk mengambil langkah-langkah guna menurunkan pertumbuhan jangka panjang karena potensi pertumbuhan diperkirakan rata-rata sekitar 2,0 persen untuk beberapa tahun ke depan, di bawah rata-rata bersejarah dan prospek yang dinilai pada laporan tahun lalu.

Karena perlambatan disebabkan oleh kombinasi faktor termasuk penuaan populasi dan prospek yang lebih moderat untuk pertumbuhan produktivitas. IMF menyarankan pemerintah AS mengambil langkah-langkah yang melibatkan investasi di bidang infrastruktur dan pendidikan, memperbaiki sistem pajak dan kebijakan pasar tenaga kerja aktif.

“Mereka juga dapat mencakup mencapai kesepakatan luas pada pendekatan berbasis keterampilan untuk reformasi imigrasi serta sepenuhnya memanfaatkan keuntungan dari meningkatnya kemandirian energi AS, sementara melindungi lingkungan,” kata IMF dalam laporannya.

Organisasi internasional itu memperhitungkan tidak ada langkah tunggal akan cukup dan solusi berjenis pasti akan diperlukan. “Tidak ada kekurangan ide-ide bagus saat ini berdasarkan debat publik dan sehingga tantangan ke depan adalah menempa kesepakatan politik tentang undang-undang khusus,”demikian Xinhua. (antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here