Home Berita Forex EURO Terjatuh Bebarengan Dengan Pengunduran Diri PM Italia

EURO Terjatuh Bebarengan Dengan Pengunduran Diri PM Italia

344
0
SHARE

Kemenangan suara “NO” terhadap penolakan reformasi dalam referendum italia telah membuat mundur dengan menyakitkan PM Mateo Renzi. Sehubung hal itu, Euro mengalami penurunan pada sesi perdagangan Asia, Senin (05/12/2016) pagi, turun pada level rendahnya dua puluh bulan.

EUR/USD mengalami kemrosotan sampai 0.94% pada level 1.0564 terhadap khawatirnya kesehatan pihak Perbankan Italia, menyusul kekecewaan para investor terhadap hasil referendum. Jatuhnya EUR/USD terjadi pasca perdagangan dibuka pada kisaran harga 1.0685. Terkait hal itu, Euro terhadap Yen juga mengalami kemrosotan mencapai 2.1% ke level harga 118.71 Yen, namun Euro segara memangkas penurunannya sebanyak 0.9% pada harga 120.06 Yen.

“Hasil referendum tersebut hanya memberikan efek dalam kurun waktu tertentu.  Maka, saya tidak akan memperkirakan Euro terjun bebas dalam jangka dekat ini,” ungkap Kepala Analis Mata Uang dari Bank of Tokyo-Mitshubishi Jepang, Minori Uchida dilansir dari Reuters.

Imbuhnya lebih lanjut lagi, “dampak jangka panjang dari suara “No” tersebut dapat menjegal proses upaya dari Italia dalam penyelesaian persoalan utang perbangkan makin sulit, dan hal itu terlihat dapat memperlebar jarak spread imbal dari hasil obligasi Italia dan Jerman,” jelas Minori Uchida.

Poitisi dan juga para investor Eropa mengkhawatirkan bahwa kemengan oposisi Suara “No” di italia tersebutt bisa memicu ketidakstabilan politik dan bahkan bisa menimbulkan problem baaru dalam beberapa sector termasuk sector perbankan Negara Italia yang sebelumnya terpukul persoalan utang perbankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here