Home Berita Forex Euro Semakin Bersemangat Menunggu Pengumuman ECB

Euro Semakin Bersemangat Menunggu Pengumuman ECB

393
0
SHARE
The European currency Euro logo stands in front of the European Central Bank (ECB) in Frankfurt/M., western Germany on August 4, 2011. The European Central Bank kept its key interest rate at 1.50 percent , a spokesman said as markets waited to see if the ECB would signal a resumption of eurozone bond purchases. AFP PHOTO / FRANK RUMPENHORST GERMANY OUT

Euro tetap bertahan terhadap Dollar Amerika pada level tinggi 3 minggu, menjelang hasil dari rapat kebijakan ekonomi ECB yang nani akan diumumkan pada Kamis malam (8/12/2016) nanti. Sedang Kamis siang ini, perdagangan EUR/USD masih mengalami kenaikan ke level 1.0776 dari yang sebelumnya 1.0720. Dan selain itu juga terjadi imbal hasil dari obligasi pemerintah AS yang membuat Greenback ikut merosot turun.

Para trader masih focus terhadap Euro pekan ini paska PM Italia mengundurkan diri karena kekalahan telaknya pada referendum reformasi konstitusional. Hal itu membuat Euro sempat terjun pelan namun kembali naik di hari yang sama  pada sesi perdagangan setelahnya.

Dan lain sisi, ECB diprediksi akan memberikan pengumuman tentang perpanjangan kebijakan moneternya malam nanti. Akan tetapi, angka pembelian asset tidak mengalami perubahan masih tetap di angka 80 miliar Euro, menurut para  ekonom Reuters. Disamping itu, beberapa agenda dari segi kelebihan resiko yang termasuk dari akibat sejumla agenda pemilu di wilayah Uni Eropa, Mario Draghi selaku Presiden ECB diekspektasikan mampu memberikan beberapa petunjuk tentang dilaksanakannya tapering secara premature dan mungkin setidaknya bisa memperlambat akhir dari progam pembelian obbligasi.

Terkait itu, Kathy Lien seorang Analis trading dari BK Asset Managemen menyatakan, bahwa mengingat keyakinan dari Mario Draghi pada kebijakan moneter longgar yang selama ini sudah dijalankan, bisa menjadi saran untuk para trader tidak lagi menahan posisi Short EUR/USD pada kondisi tunggu dan lihat (wait-and-see) hasil dari rapat kebijakan ECB hari ini nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here