Home Berita Ekonomi Euro menguat terhadap dolar AS

Euro menguat terhadap dolar AS

446
0
SHARE

euro2Euro menguat terhadap dolar AS pada sesi Jumat, karena optimis data ekonomi China mendukung permintaan untuk aset berisiko terkait, namun kenaikan tertutupi oleh kelanjutan kekhawatiran utang AS.

Euro terpantau sempat berada di level tertingginya sejak 15 januari terhadap dolar AS di level 1,3394 pada akhir perdagangan Asia, kemudian konsolidasi pada level 1,3387, atau naik 0,09%.

Sentimen pasar membaik setelah data resmi menunjukkan bahwa produk domestik bruto China naik 7,9% pada kuartal keempat dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 7,8%, setelah naik 7,4% pada kuartal sebelumnya.

Sementara itu, ketidakpastian atas kebuntuan plafon utang AS terus membebani setelah Presiden Barack Obama mendesak Partai Republik awal pekan ini untuk menyetujui peningkatan batas pinjaman tanpa mencari konsesi kebijakan pengembalian.

Pada hari Kamis, kepala Dana Moneter Internasional, Christine Lagarde, memperingatkan bahwa memperebutkan meningkatkan plafon utang pemerintah AS bisa menjadi “bencana” bagi perekonomian global jika tidak diselesaikan pada waktunya.

Pada perdagangan lainnya, euro juga menguat terhadap pound, merayap naik 0,17%, untuk menyentuh level 0,8378.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here