Home Bisnis & Politik Euro melemah atas Dolar AS oleh spekulasi popularitas Berlusconi

Euro melemah atas Dolar AS oleh spekulasi popularitas Berlusconi

399
0
SHARE

Euro melemah terhadap Dolar AS pada perdagangan Rabu (06/02) setelah jajak pendapat makin menunjukkan kenaikan popularitas Berlusconi dalam pemilihan umum di Italia nanti. Pasar sendiri menilai kemenangan Berlusconi bisa berdampak negative bagi pemulihan ekonomi Eropa.

Dalam perdagangan Euro terhadap Dolar AS, EURUSD dibeli di $1.3522, turun dari sebelumnya di $1.3581. Pihak Berlusconi dalam kampanye politiknya menyatakan akan mengembalikan pajak serta melakukan reformasi fiskal warisan pemerintahan saat ini. Atas kampanye ini, pasar khawatir akan menggangu proses penyelesaian krisis hutang Italia.

Diawal perdagangan hari ini pula, Yen Jepang juga mencatat penguatanyya atas Dolar AS dengan bergerak turun hingga ke level terendahnya dalam tiga tahun ini. Ekspektasi pasar bahwa Jepang akan melakukan intervensi secara agresif untuk menghindari deflasi semakin mengemuka. Dalam perdagangan Dolar AS terhadap Yen Jepang, USDJPY bergerak turun ke ¥93.37, setelah naik di ¥94.05, sehari sebelumnya berada di level ¥93.43.

Pada perdagangan EURJPY  naik ke ¥126.25, bahkan sempat ke ¥127.69. Jatuhnya Yen setelah pernyataan Gubernur Bank Sentral Jepang, Masaaki Shirakawa bahwa dia akan mengundurkan diri tiga minggu sebelum masa jabatan dia usai pada 8 April nanti. Keputusan ini dinilai pasar sebagai isyarat tak terbantahkan bahwa Bank Sentral Jepang kembali ditekan dan memunculkan spekulasi pengganti Shirakawa yang akan lebih bersikap agresif . Pemerintah Jepang sendiri memang berkeinginan agar Yen bisa lebih lemah, diatas level ¥95.

Pada perdagangan Sterling terhadap Dolar AS, GBPUSD dibeli di $1.5664 dari sebelumnya di $1.5659, sementara pada perdagangan Dolar Australia terhadap Dolar AS, AUDUSD turun ke $1.0316 dari sebelumnya di $1.0410. Indek Dolar AS bergerak naik ke 79.728 dari sebelumnya di 79.504.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here