Home Berita Terkini Euro masih di dekat level kenaikan 10 bulan terhadap pound

Euro masih di dekat level kenaikan 10 bulan terhadap pound

414
0
SHARE

euro-and-pound-CoinEuro diperdagangkan dalam jarak mencolok di level tertinggi 10 bulan terhadap pound pada Senin, karena kekhawatiran atas resesi triple-dip ekonomi Inggris menekan permintaan investor untuk sterling.

Euro terpantau diperdagangkan turun dari level 0,8404 terhadap pound, level tertinggi perdagangan kedua mata uang tersebut sejak 13 Maret, dan berada di level 0,8377 selama perdagangan pagi di Eropa, atau turun 0,11%.

Pound melemah secara luas pada hari Jumat setelah data resmi menunjukkan bahwa penjualan ritel Inggris jatuh 0,1% pada bulan Desember, runtuhkan ekspektasi untuk kenaikan 0,2% dan turun 0,6% pada basis kuartalan.

Data tersebut dirilis setelah sebuah laporan menunjukkan bahwa konsumen inflasi di Inggris tidak berubah pada level tertinggi sejak Mei di bulan lalu dan memicu spekulasi bahwa ekonomi Inggris berpeluang kembali tergelincir menuju resesi dalam tiga bulan hingga Desember.

Euro masih mendapat kekuatan setelah kekhawatiran atas krisis utang di zona euro terus berkurang.

Mata uang tunggal tersebut beringsut melemah terhadap dolar AS, dengan euro tergelincir 0,09% terhadap dolar AS di level 1,3303 dan melemah tajam terhadap yen yang mencatat kenaikan, dengan euro turun 0,75% terhadap yen menjadi 119,02.

Yen mendapat dukungan karena investor mengunci keuntungan menjelang hasil pertemuan pengaturan kebijakan bank sentral Jepang pada Selasa besok, yang secara luas diperkirakan akan menerapkan langkah-langkah pelonggaran lebih agresif dan mengadopsi target inflasi 2% dalam menanggapi meningkatnya tekanan politik dari pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe untuk meningkatkan upaya memerangi deflasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here