Home Berita Forex Dollar Melayang Di Level Tinggi 14 Tahun, Efek Trump

Dollar Melayang Di Level Tinggi 14 Tahun, Efek Trump

379
0
SHARE

USD melayang dekat dengan level tingginya 14 tahun terhadap mata uang mayor Euro pada sesi peradagangan hari ini Rabu (21/12/2016) pagi ini. Dalam kenaikan tinggi 14 tahun yang diperoleh akibat kenaikan tingkat suku bunga pemerintah Amerika Serikat yang akan berlanjut. Terkait kenaikan itu, rencana kebijakan moneter Trump menyebabkan spekulasi pasar yang mengekspektasikan kenaikan suku bunga di tahun 2017 mendatang akan lebih cepat dari perkiraan.

Jelang libur akhir tahun, volatilitas perdagangan mulai sepi. EUR/USD diperdagangkan di harga 1.0413 per Dollar Amerika paska terpelosok di harga 1.0352 pada hari Selasa kemarin (20/12/2016), lemahnya mata uang mayor Euro memberikan dorongan terhadap indeks dolar terhadap mata uang-mata uang mayor lainnya hingga sempat menyentuh pada level 103.65, dan merupakan level tinggi  dolar selama 14 tahun. Sebelumnya indeks dolar tersebut tercapai pada angka 103.30.

Para investor sell begitu dolar terpeleset, “Dolar Amerika masih cukup kuat, meski tanpa adanya faktor baru yang bisa memberikan pengaruh terhadap treding menjelang Natal tahun ini, beberapa aksi beli dolar kapanpun mata uang itu terlihat tergelincir,” jelas Kepala Strategi Fx Shinivhiro Kadta di Barclays yang dilansir dari Reuters.

Imbuhnya, “kami juga tidak melihat hal apapun yang bisa mengubah reli yang diakibatkan efek Trump.”

Semenjak Donald Trump terpilih sebagai presiden AS, Indeks Dolar mengalami kenaikan sebanyak 5.8% dan ia juga telah menjanjikan pemotongan besar terhadap pajak serta kenaiakan dalam anggaran belanja pemerintah. Dan hal itu membuat para investor berlomba memburu asset AS dengan mempertaruhkan kebijakan Fiskal ekonomi Donald Trump terwujud, inflasi juga akan meningkat serta suku bunga menjadi lebih dinaikkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here