Home Berita Forex Dollar AS Mengawali Perdagangan Tahun Baru dengan Pemulihan

Dollar AS Mengawali Perdagangan Tahun Baru dengan Pemulihan

316
0
SHARE

USD mencoba pemulihan dari low 2 Minggu pada sesi perdagangan hari ini, senin (3/1/2017) pagi tadi, terhadap enam mata uang-mata uang utama dunia. Padahal voume perdagangan masih  bisa dibilang sangat tipis dengan beberapa pasar yang masih tutup kerena tahun baru.

Greenback naik di akhir Desember ke level tinggi satu tahun, terdukung dengan ekspektasi pasar terhadap kenaikkan suku bunga bank sentral AS berkelanjutan sebanyak tiga kali pada tahun ini. Disamping itu, harapan besar kebijakan presiden terpilih Donald Trump yang baru akan dilantik pada tanggal 20 Januari 2017 nanti masih menjadi latar belakang bullish dari Greenback.

USD menutup tahun 2016 dengan hampir 4% kenaikkan tahunan, dengan begitu dolar telah memperoleh kenaikkan 4 tahun berturut-turut. Namun indeks Dolar yang telah mengukur kekuatan USD terhadap mata uang mayor dunia terlihat anjlok pada 3 hari akhir di pekan lalu. Melemahnya indeks dolar tersebut terjadi seiring lonjaknya mata uang Euro sesaat dikala rendahnya volume perdagangan sesi Asia.

Di awal perdagangan hari ini Selasa (3/1/2017), EUR/USD mengalami penurunan sebanyak 0.4% pada angka 1.0513 dalam sesi perdagangan Asia, pagi tadi. Meskipun laporan data manufaktur dalam zona Euro telah menguat, EUR/USD diperdagangkan pada harga 1.0458 saat berita ini ditulis.

“Di hari terakhir pada tahun lalu (2016) kita melihat Dolar Amerika telah mengalami pelemahan, dan hari ini akan kemungkinan akan ada sejumlah koreksi, terutama pada saat awal pembukaan sesi perdagangan Eropa nanti. Saya juga tidak melihat indikasi adanya pemicu fundamental,” jelas pakar Fx Esther Reichelt di Commerzbank Frankfurt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here