Home Uncategorized Dolar melemah terhadap euro

Dolar melemah terhadap euro

517
0
SHARE

kurs-dolarKurs dolar melemah terhadap euro pada Senin (Selasa pagi WIB), karena para pedagang tampak berhati-hati menjelang kesaksian perdana Ketua Federal Reserve Janet Yellen kepada Kongres pekan ini.

Euro naik tipis menjadi 1,3642 dolar sekitar pukul 22.00 GMT (Selasa pukul 05.00 WIB), dari 1,3637 dolar pada akhir Jumat (7/2).

Dolar juga sedikit melemah terhadap mata uang Jepang, dibeli 102,18 yen dibandingkan dengan 102,30 yen.

Euro merosot menjadi 139,46 yen dari 139,52 yen.

Yellen akan memberikan keterangan tentang keadaan ekonomi dan arah kebijakan moneter AS kepada komite keuangan DPR pada Selasa waktu setempat. Ini akan menjadi yang pertama bagi pimpinan Fed baru menyajikan kesaksian semi-tahunan bank sentral kepada Kongres setelah menggantikan Ben Bernanke pada 1 Februari. Ia akan tampil pada sidang yang sama di Senat pada Kamis (13/2).

Setelah laporan pekerjaan AS Januari lemah pada Jumat lalu — laporan pekerjaan kedua mengecewakan berturut-turut — kesaksian Yellen diperkirakan akan dipantau erat untuk melihat apakah dia menyatakan bahwa pengurangan stimulus The Fed yang sangat besar akan diperlambat.

“Pedagang mungkin berada di luar pasar dengan harapan menerima sedikit kejelasan tentang rencana pengurangan stimulus The Fed ke depan,” kata Christopher Vecchio, analis mata uang di DailyFX.

Kesaksian Yellen “mungkin wawasan terbaik ke dalam pikiran pimpinan baru Fed — meskipun kami tidak akan mencari perubahan besar, karena tidak ada pimpinan Fed yang mengumumkan pergantian formal dalam kebijakannya pada kesaksian kongres,” kata dia.

Kathy Lien dari BK Asset Management mengatakan tidak ada keraguan bahwa anggota parlemen akan mempertanyakan Yellen tentang ambang batas tingkat pengangguran The Fed 6,5 persen untuk mempertimbangkan pengetatan suku bunganya yang mendekati nol. Tingkat pengangguran jatuh mendekati posisi itu, menjadi 6,7 persen, pada Januari.

Lien memperkirakan bahwa Yellen akan mengatakan bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan mengevaluasi kembali panduan ke depan pada pertemuan berikutnya pada Maret.

“Namun mungkin sulit baginya untuk menari di sekitar semua pertanyaan dari Kongres tanpa mengungkapkan beberapa rencananya untuk kebijakan moneter,” kata Lien.

Dolar merosot menjadi 0,8969 franc Swiss dari 0,8977 franc pada Jumat.

Pound sedikit melemah terhadap dolar, dibeli 1,6401 dolar dibandingkan dengan 1,6407 dolar, demikian AFP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here