Home Berita Terkini Dolar AS melemah tipis, Yen terus menguat

Dolar AS melemah tipis, Yen terus menguat

423
0
SHARE

Lukman-Yen-Sailormoon-300x211Dolar AS mencoba baik-baik saja atas mata uang lainnya, disaat Yen berbalik menguat dari dasar keterpurukannya dalam dua tahun ini terhadap Dolar AS setelah Bank of Japan memulai pertemuan dua harinya.

Euro sendiri bergerak dalam kisaran atas Dolar AS setelah pemilihan electoral di Jerman gagal menghantarkan koalisi partai di Negara bagian Lower Saxony. Pasar uang AS sendiri tutup pada perdagangan hari Senin (26/01) atas libur nasional Martin Luther King Jr., sehingga perdagangan berlangsung kurang semarak.

Indek Dolar AS turun ke 80.046 dari sebelumnya di 80.050.  dalam perdagangan USDJPY  Dolar AS turun dari kisaran 90-yen,  ke ¥89.71 dari sebelumnya di harga ¥90.09 sementara perdagangan EURJPY di ¥119.56 dari ¥120.01.

Dalam pertemuan dua hari ini, Bank of Japan diperkirakan akan membahas masalah suku bunga dimana diyakini akan diputuskan salah satunya masalah target inflasi yang diyakini akan naik 2%. Akibatnya, Yen menguat atas ekspektasi bahwa BOJ akan melonggarkan kebijakannya guna memdorong perekonomian nasional. Pasar menilai fluktuasi antar kedua mata uang ini akan tinggi dan pasar berusaha pula melepas resiko mereka mengantisipasi hasil pertemuan tersebut.

Pada perdagangan EURUSD  diperdagangkan di $1.3312 turun dari sebelumnya di $1.3317, setelah koalisi tengah Jerman gagal memenangkan pemilihan electoral di di Lower Saxony. Pemilu raya akan dilakukan pada September nanti. Hasil pemilu ini akan signifikan terhadap kebijakan yang berhubungan dengan bantuan Eropa ke Siprus. Siprus yang tengah berunding dengan Troika, yaitu IMF, ECB dan Dewan Eropa, selama sepekan ini atas permintaan mereka untuk bisa meminjam 17.5 milyar euro. Kondisi Eropa yang tidak menentu secara makro ekonomi membuat Euro tertekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here