Home Analisa Didorong Data Ekonomi AS, Dollar Amerika Serikat Menguat

Didorong Data Ekonomi AS, Dollar Amerika Serikat Menguat

315
0
SHARE

Dollar Amerika Serikat menguat hingga mencapi pada level perdagangan tertinggi selama 11 bulan terhadap enam mata uang-mata uang utama di dunia. Pemicu dari penguatan ini didasarkan kembalinya stabilitas pasar obligasi AS pasca aksi jual yang meninggi, dan updatenya data penjualan retail AS yang positif memberikan dukungan penuh atas penguatan dollar AS.

Dollar Amerika Serikat  saat berita ini ditulis berada di kisaran level harga perdagangan 100.220 dengan level support terdekatnya 99.437, resisten di 100.450.

Setelah mengalami naik turun pasca pemilu presiden di Amerika Serikat yang akhirnya dimenangkan oleh Donald Trump, dan setelah adanya beberapa kebijakan Trump dalam meredakan kepanikan pasca pemiu AS, para investor kini mulai kembali melirik terhadap Dollar Amerika Serikat.

Hal ini berkaitan terhadap beberape kebijakan baru yang disahkan oleh Trump dan beberapa kebijakan masih dicerna oleh market. Laporan Data Penjualan Retail sebesar 0,8% dan lebih tinggi dari prediksi, dengan diikuti data positif indeks manufaktur NYK (Newyork) sebagai pusat dari bisnis AS meningkat 1.5 dari prediksi -1.5 dan 16.8 bulan lalu.

Prediksi kenaikan suku bunga AS dari bank sentral The Fed pada bulan Desember mendatang mempengaruhi optimism market terhadap penguatan Dollar  AS. Namun untuk saat ini, sehubung peningkatan suku bunga, para investor masih mencoa memahami kembali effect-effect yang bakalan terjadi menjelang pembentukan dan aktifnya cabinet Donald Trump di tahun depan 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here