Home Berita Terkini Demo 4 November Tidak Akan Pengaruhi Kekuatan Rupiah

Demo 4 November Tidak Akan Pengaruhi Kekuatan Rupiah

344
0
SHARE

Aksi demo pada 4 November nanti dikhawatirkan akan membuat lumpuh aktivitas di Jakarta. Pasalnya, beberapa toko serta perkantoran memilih untuk tidak buka atau meliburkan seluruh karyawan mereka. Akan tetapi, BI (Bank Indonesia) memastikan jika rupiah tidak terdepresiasi atau tidak goyah lantaran aksi unjuk rasa yang akan dilakukan secara besar-besaran tersebut.

Perry Warijo selaku Deputi Gubernur BI menerangkan jika demo 4 November tidak akan berpengaruh pada stabilitas moneter yang ada di dalam negeri. “Jika saya melihat imbas dari demo tersebut, rupiah tidak akan turun, tetap stabil, bahkan mungkin akan cenderung membaik.”tuturnya.

Perry mengatakan jika kekuatan rupiah yang akan diperkirakan pada hari tersebut sampai hari minggu pertama November 2016, lantaran kondisi keuangan dunia yang membawa sentimen baik untuk Indonesia. “Yang membuat rupiah kuat adalah sebab global, masuknya arus modal asing menuju Indonesia. Hal ini yang memberikan sebuah sentimen positif bagi rupiah di hari itu.”tambah Perry.

Tidak hanya itu, Bank Indonesia beranggapan jika pasar domestik maupun luar negeri dan investor asing jauh lebih percaya diri menyaksikan perekonomian Indonesia yang secara perlahan terus mengalami perbaikan. Seperti yang telah diketahui, ekonomi dari Indonesia tengah masuk ke dalam fase pemulihan setelah pertengahan lalu serta itu adalah sebuah hal nyata.

Oleh karena itu, dengan terdapatnya sentimen positif tersebut, BI sangat berharap hingga akhir tahun 2016, kurs rupiah akan stabil, terlebih dengan terdapatnya rus dana tax amnesty serta repatriasi yang masuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here