Home Analisa Data Laporan Pengganguaran Australia, Dongkrak AUD/USD Naik

Data Laporan Pengganguaran Australia, Dongkrak AUD/USD Naik

536
0
SHARE
Australian One Dollar Coins over Black

Pada sesi perdagangan hari ini Kamis (19/1/2017) pagi tadi, pasca laporan yang beragam tentang data ketenagakerjaan Australia. Dari data tersebut terlihat bahwa jumlah warga Australia yang sedang mencari pekerjaan banyak. AUD/USD mengalami kenaikkan pada angka 0.7520 dari yang sebelumnya berada di low 0.7493.

Ketenagakerjaan Australia telah meningkat dalam 3 bulan berturut-turut sampai Desember. Dengan sebanyak 11,966,800 warga diperkerjakan bulan lalu, dengan jumlah presentase YoYY mengalami peningkatan sebanyak 0.7%. Kondisi pasar tenaga kerja memperlihatkan peningkatan di awal kuartal 3, dan hingga terus berlanjut sampai bulan Desember. Hal itu juga diimbangi dengan pertumbuhan lapangan kerja purna waktu yang mengalami peningkatan sebanyak 9,300. Dan pertumbuhan lapangan kerja paruh waktu yang mencapai 4,200 pada akhir tahun 2016 (Desember).

Para pengusaha menarik sebanyak 13,500 pekerja pada bulan lalu, dengan menyusul pada bulan November perolehan sebanyak 39,100, demikian yang telah dilaporkan ABS (Biro Stastitik Australia), Kamis (19/January).

Pengangguran Australia mengalami kenaikan sebanyak 5.8%, karena bertambahnya minat pekerja sebanyak 64.7% dari jumlah sebelumnya yan hanya 64.6%.

Terlepas dari Australia tersebut, China yang menjadi patner perdagangan Aussie ini, besok akan melaporkan Data GDP dalam Kuartal 4. David Cottle seorang analis DailyFX mengatakan bahwa harapan baru dari perekonomian China telah muncul secara keseleruhan pada tahun 2016. Barang ekspor mentah dari Australia menuju China juga menjadi ikut terdorong naik olehnya. AUD bakal diperkirakan mengalami volatilitas yang meninggi paska data tersebut rilis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here