Home Berita Ekonomi Cina & Jepang Ingin Investasi 1 Triliun Dollar AS Untuk Filipina

Cina & Jepang Ingin Investasi 1 Triliun Dollar AS Untuk Filipina

429
0
SHARE

Sering mendapatkan kritikan pihak asing lantaran kebijakan hukuman mati untuk pelaku narkoba. Rodrigo Duterte, Presiden dari Filipina justru tidak sepi dengan peminat para investor asal luar negeri. Hal itu terbukti, 2 negara ekonomi paling besar di kawasan Asia yakni Cina dan Jepang mengatakan minatnya untuk melakukan investasi di Filipina.

Seperti yang dilansir oleh CNBC, Cina dan Jepang berlomba untuk menggelontorkan dana investasi hingga USD 1 T terhadap sumber daya mineral dari Filipina. Jepang bersama Cina kabarnya telah melakukan pendekatan terhadap Duterte guna menjadi salah satu investor utama untuk Kepulauan Mindanao, Filipina.

Hal itu, diungkapkan oleh Carlos Dominguez selaku Sekretaris Keuangan Filipina. “2 negara maju di Asia ini mempunyai ketertarikan untuk membangun provinsi selatan Mindanao serta melakukan investasi sampai USD 1 T pada sumber daya mineral.”ungkapnya.

Sebagai salah satu pulau paling besar nomor 2 Filipina, Pulau Mindanao ialah rumah untuk setengah kekayaan mineral yang dimiliki oleh Filipina, ternasuk emas, besi, tembaga, migas serta aluminium. Kekayaan Sumber Daya yang masih belum bisa dimanfaatkan di daerah tersebut diperkirakan mempunyai nilai USD 1 T, ujar Wikileaks yang telah membocorkan kabel diplomatik yang berasal dari Kedutaan Amerika Serikat di Manila di tahun 2011 lalu.

Tidak hanya mineral, Mindanao juga sangat terkenal dengan kekayaan hayati, penuh hutan, dan juga banyak hutan tropis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here