Home Berita Ekonomi Cara Kemtan Jadikan Indonesia Produsen Kopi No 1 di Dunia

Cara Kemtan Jadikan Indonesia Produsen Kopi No 1 di Dunia

167
0
SHARE

Pemerintah melalui kemeterian Pertanian (Kemtan) saat ini semakin gencar meningkatkan produksi kopi dan rempah-rempah. Ada beberapa terobosan yang dilakukan Kemtan agar bisa menjadikan Indonesia produsen Kopi nomor satu didunia. Adapun program yang kini dikembangkan antara lain, pengembangan perbibitan kopi, peningkatan produktifitas kopi, manajemen ysaha tani dan meningkatkan pemasaran.

Saat ini, Posisi kopi Indonesia masih berada diperingkat ke empat dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Oleh sebab itu, berbagai program terus dilakukan untuk meningkatkan produksi kopi nasional.

Mengacu pada data FAO, luas areal kopi Brazil hampir 2 juta hektare (ha) dengan produktivtas 1,4 ton per ha. Lalu luas areal kopi Vietnam mencapai 589 ribu ha dengan produktifitas 2.3 ton pertahun dan Kolombia 795 ribu ha dengan produktivitas 0,9 ton per ha. Semntara di Indonesia luas areal kopi mencapai 1,23 juta ha diantaranya 1,19 juta ha milik perkebunan rakyat dengan produktivitas 0,6 ton per ha.

Mutu kopi Indonesia juga masih belum stabil, sehingga ekspor kopi 99% masih didominasi dalam bentuk kopi biji atau berasan  (Coffee excluding roasted and decaffeinated). Sedangkan negara lainya sudah mengekspor kopi olahan.

Melihat dari jumlah areal kopi di Indonesia, pemerintah optimis bisa menjadikan Indonesia sebagai produsen kopi nomor satu didunia. Selain itu, faktor penentu lainnya adalah kopi Indonesia sudah dikenal luas di mancanegara sebut saja kopi gayo, kopi mandailing, kopi lampung, kopi bajawa, kopi toraja, kopi lembah baliem. Kopi tersebut sudah memiliki pasar di negara Eropa dan Amerika Serikat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here