Home Berita Terkini BISC Membayar Lebih $ 35 Juta Sebagai Ganti Rugi Kepada SEC

BISC Membayar Lebih $ 35 Juta Sebagai Ganti Rugi Kepada SEC

77
0
SHARE

BISC Membayar Lebih $ 35 Juta sebagai ganti rugi pada SEC dikarenakan penanganan ADR yang tidak tepat

The Securities and Exchange Commission (SEC) secara tidak langsung mengatakan bahwa Banca IMI Securities (BISC), yang merupakan anak perusahaan Italia yang sepenuhnya dimiliki oleh bank Italia Intesa Sanpaolo SpA, telah menyetujui untuk membayar lebih dari $ 35 juta guna menyelesaikan tuntutan yang di kenakan kepada mereka sekaligus menerima American Depository Receipts (ADRs) tanpa adanya saham asing.

ADR pada dasarnya merupakan sekuritas yang mewakili saham negara asing. Mereka digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan dana investor di bursa negara tersebut. Tapi harus ada sejumlah saham asing yang ditahan di bank penyimpanan.

Ada beberapa ‘peraturan pra-rilis’ yang memungkinkan broker seperti BISC memperoleh ADR tanpa adanya saham asing, namun merupakan tanggung jawab broker untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna memastikan bahwa pelanggan memiliki saham tersebut. Di sinilah BISC tidak memenuhi persyaratan yang benar sehingga memungkinkan untuk disalahgunakan,  pengaruhnya pada tanggal catatan dividen serta berimbas pada keuntungan dan short selling, ini di karenakan pelanggan hanya dapat membeli ADRsnya, tanpa memiliki saham tersebut.

Sanjay Wadhwa, yang merupakan Senior Associate Director dari Kantor Wilayah SEC di New York, mengatakan bahwa Investor Amerika berinvestasi di perusahaan asing melalui ADR sehingga memiliki hak untuk mengharapkan profesional pasar guna menciptakan ADR baru hanya jika mereka didukung oleh saham asing, sehingga ADR baru tidak digunakan untuk permainan sistem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here